Review berarti menoleh kebelakang dimana kejadian sebelum diingat dan diceritakan untuk di ulang agar semuanya teringat dalam bentuk tulisan ataupun lisan. Di postingan ini saya mereview kerja kelompok saya yang sudah 3minggu lalu saya buat, adapun nama kelompok saya adalah Muttaqin, Yosua El Roi, dan Neni Oktaviana.

Sebelumnya kelompok saya telah menentukan judul yaitu tentang Aplikasi Absen Digital. Namun karna fungsi dari sebuah objek tidak ada makanya ditukar, dosen saya yang baik hati ini mau menginfakkan sedikit fikirannya untuk judul kelompok kami. Dan akhirnya ketemulah sebuah judul dengan nama PERHOTELAN,
dari judul itulah akhirnya saya dan teman-teman saya lanjut untuk tahap berikutnya yaitu membuat usecase, class diagram, object diagram, dan sequence diagram.

Adapun pembahasan tentang review di atas adalah:
usecase
Diagram Use Case adalah diagram yang menunjukkan fungsionalitas suatu sistem atau kelas dan bagaimana sistem tersebut berinteraksi dengan dunia luar dan menjelaskan sistem secara fungsional yang terlihat user. Biasanya dibuat pada awal pengembangan. Use case diagram menggambarkan fungsionalitas yang diharapkan dari sebuah sistem. Yang ditekankan adalah “apa” yang diperbuat sistem, dan bukan “bagaimana”. Sebuah use case merepresentasikan sebuah interaksi antara aktor dengan sistem. Seperti gambar dibawah ini adalah sebuah bentu Diagram Usecase.
class diagram

* Class adalah sebuah spesifikasi yang jika diinstansiasi akan menghasilkan sebuah objek dan merupakan inti dari pengembangan dan desain berorientasi objek. Class menggambarkan keadaan (atribut/properti) suatu sistem, sekaligus menawarkan layanan untuk memanipulasi keadaan tersebut (metoda/fungsi).
*
* ¡Class diagram menggambarkan struktur dan deskripsi class, package dan objek beserta hubungan satu sama lain seperti containment, pewarisan, asosiasi, dan lain-lain.
object diagram

Salah satu alat dalam perancangan sistem yang digunakan untuk menjelaskan tentang nama obyek, atribut dan metode yang dipakai.
sequence diagram.

Sequence diagram merupakan sebuah diagram yang menggambarkan interaksi antar objek di dalam sebuah system. Interaksi tersebut berupa message yang digambarkan terhadap waktu. Sequence diagram terdiri dari dimensi horizontal (objek-objek) dan dimensi vertical (waktu). Diagram ini juga menggambarkan urutan even yang terjadi. Dan lebih detail dalam menggambarkan aliran data, termasuk data atau behavior yang dikirimkan atau diterima. Namun, diagram ini kurang mampu menjelaskan detail dari sebuah algoritma, seperti loop, branching.
Berikut sebuah gambaran diagram sequence yang sudah kami kerjakan

0 Read More
0 komentar:

Posting Komentar

Selamat Datang

Welcome in the blog fs-corps. Selengkapnya tentang blog saya

About Me

Faisal Syafyar adalah seorang mahasiswa yang masih belajar dan terus belajar tentang dunia IT, dimana perkembangan teknologi setiap detik berkembang