Bagi yang sudah mengerti apa itu Kernel, lansung saja baca langkah pertama. Bagi yang belum ada sebainya mereview sedikit dari pengertian Kernel, Kernel adalah sebuah perangkat lunak yang menjadi bagian utama dari sitem operasi yang berguna untuk mengelola penjadwalan, context switching, exception handling dan interrupt handling serta sinkronisasi multiprocessor.

Kernel sendiri terdiri dari 4 kategori yaitu :
  • Monolithic kernel
  • Microkernel
  • Hybrid(modifikasi dari microkernel), dan
  • Exokernel
Mungkin sampai itu saja, jika anda ingin tahu lebih banyak tentang kernel linux. silahkan klik disini!

Langkah 1, siapkan file-file untuk installasi kernelnya.

  • linux-headers-2.6.33-020633_2.6.33-020633_all.deb
  • linux-headers-2.6.33-020633-generic_2.6.33-020633_i386.deb
  • linux-image-2.6.33-020633-generic_2.6.33-020633_i386.de
Oya, sebelum memilih file tersebut ada baiknya anda mencek versi kernel yang anda gunakan dengan mengetikan uname - r atau uname - a. J ika anda sudah tahu berada di versi berapa, maka sebaiknya carilah versi yang menurut anda stabil digunakan.

Langkah 2, Setelah login ke linux silahkan masuk ke terminal dengan cara tarik cursor mouse ke arah applications-accessories-terminal lalu klik. dan anda sudah berada diteminal.

Langkah 3, Ketik sudo su untuk login menjadi root, yaitu hak akses yang tertinggi di linux.

Langkah 4, Masuklah ke "cd etc/apt" setelah itu updatelah kernel anda dengan mengetikan " apt-get update" (harus terhubung ke internet) 




Langkah 5, Selanjutnya tinggal kita mengupdate kernel baru di linux kita, dengan cara masuk ke dalam (file pada langkah 1) yang telah di copykan. contoh file tadi kita letakkan di direktori Dokumen, maka untuk masuk pada file tersebut "cd /nama username/Dokumen" Setelah itu lihat isi direktori tadi dengan cara mengetikan "ls". Dan terakhir di langkah 5 mengkompile file tadi dengan cara "dpkg -i nama file" lakukan untuk semua file tadi. contoh di gambar bawah ini.



Cara lain: cari dimana letak file tadi, lalu klik 2x untuk mengintall file tersebut. dimulai dari file paling atas. seperti gambar dibawah ini. 



Langkah 6, Reboot ubuntu anda, jika waktu booting di GRUB sudah ada ubuntu kernel "2.6.33-020633-generic" maka anda berhasil.
atau dengan cara lain yaitu masuk keterminal, lalu ketik "uname -r atau uname -a".




Selamat Mencoba!!!


0 , Read More
0 komentar:

Posting Komentar

Selamat Datang

Welcome in the blog fs-corps. Selengkapnya tentang blog saya

About Me

Faisal Syafyar adalah seorang mahasiswa yang masih belajar dan terus belajar tentang dunia IT, dimana perkembangan teknologi setiap detik berkembang