Kernel Linux merupakan bagian yang sangat kompleks dari sistem operasi Linux, yang menyediakan instruksi-instruksi yang dibutuhkan oleh hardware komputer seperti motherboard, processor (CPU / Central Processing Unit) atau optical drive. Bagian software ini juga berfungsi sebagai manajer sejumlah besar proses dan interaksi di antara proses yang harus dilakukan di dalam sebuah sistem operasi. Dengan kata lain, kernel Linux merupakan inti atau jantung dari sistem operasi Linux.
Meski terdapat sejumlah besar orang di seluruh dunia, banyak diantaranya merupakan programmer, berkolaborasi pada pengembangan kernel Linux, Linus Benedict Torvalds (sering dipanggil Linux Torvalds) merupakan developer sumber kernel Linux dan merupakan kontributor terbesar dalam bagian terpenting sistem operasi yang dirilis di bawah lisensi GNU General Public License (GPL) ini.
Meski terdapat kolaborasi internasional pada kernel Linux, Torvalds tetap mempertahankan kernel nya dan memiliki hasil akhir pada kode yang akan muncul pada rilis resmi (official release). Rilis resmi ini terkadang disebut dengan kernel “Linus” Linux atau kernel “vanilla”.
Source kernel Linux dan juga compiled kernel yang hadir dengan distribusi (distro / distribution) memungkinkan pengguna mendapatkan kebebasan dan kontrol penuh terhadap kebutuhan komputer mereka. Sebagian besar kernel dikompilasi (compiled) ke dalam module yang dapat dengan mudah dimuat (loaded) dan dilepas (unloaded) ketika diperlukan, yang artinya segalanya dapat disesuaikan dengan kebutuhan pengguna.



0 Read More
0 komentar:

Posting Komentar

Selamat Datang

Welcome in the blog fs-corps. Selengkapnya tentang blog saya

About Me

Faisal Syafyar adalah seorang mahasiswa yang masih belajar dan terus belajar tentang dunia IT, dimana perkembangan teknologi setiap detik berkembang