Sebelum masuk pada tahap pembelajaran, alangkah baiknya kita mengetahui dulu apa itu DHCP. DHCP (Dynamic Host Configuration Protocol) adalah protokol yang berbasis arsitektur client/server yang dipakai untuk memudahkan pengalokasian alamat ip dalam satu jaringan. Sebuah jaringan lokal yang tidak menggunakan DHCP harus memberikan alamat IP kepada semua komputer secara manual. Jika DHCP dipasang di jaringan lokal, maka semua komputer yang tersambung di jaringan akan mendapatkan alamat ip secara otomatis dari server DHCP. Selain alamat IP, banyak parameter jaringan yang dapat diberikan oleh DHCP, seperti default gateway dan DNS server. DNS (domain name system) adalah sebuah aplikasi sevice di internet yang menerjemahkan sebuah domain name ke IP address.Baikalah untuk tidak memperpanjang cerita, kita lansung saja ke TKP.



Langkah 1, Seperti biasa masuklah ke Terminal, lalu ketik sudo su untuk masuk hak akses paling tinggi di linux yaitu root.



Langkah 2, Selanjutnya ketik apt-get install dhcp3-server untuk mengupdate DHCP servernya.




Catatan: untuk mengupdate dhcp-server, anda harus terkoneksi dengan jaringan internet.

Langkah 3, Backuplah file asli dhcpd.conf, dengan cara cp /etc/dhcp3/dhcpd.cof /etc/dhcp3/"namanya terserah anda(tanpa kutip)".conf. contoh seperti gambar dibawah!!!



Langkah 4, Alangkah baiknya lihat dulu info yang ada di dhcpd.conf sebelum melakukan gedit di dhcpd.conf dengan cara mengetikkan vi /etc/dhcp3/dhcpd.conf 

Langkah 5, Masuk ke gedit dengan cara gedit /etc/dhcp3/dhcpd.conf. hapus semua tulisan yang ada di file dhcpd lalu tambahkan tulisan seperti gambar dibawah ini.

catatan: Setelah anda mengetikan tulisan seperti gambar diatas jangan lupa di save.

Langkah 6,Gunakan pertintah dibawah ini untuk merestart.


Tambahan:
*) Untuk mengetahui konfigurasi dhcp gunakan perintah netstat - uap 
 

**) Untuk melihat 100 baris pada syslog gunakan perintah tail -n 100 /var/log/syslog

 


Semoga Sukses!!!



0 , Read More
0 komentar:

Posting Komentar

Selamat Datang

Welcome in the blog fs-corps. Selengkapnya tentang blog saya

About Me

Faisal Syafyar adalah seorang mahasiswa yang masih belajar dan terus belajar tentang dunia IT, dimana perkembangan teknologi setiap detik berkembang