Video editing dewasa ini sudah mulai banyak diminati oleh banyak kalangan non-profesional untuk mengedit video sederhana hingga tingkat menengah, seperti video dokumen pernikahan, ulang tahun, wisuda, dan lain-lain.

Mengedit video sendiri untuk beberapa orang merupakan kegiatan hobi yang tidak ternilai. Menciptakan kreasi video sendiri lebih asyik ditonton oleh segenap keluarga dari pada menyerahkannya kepada pihak lain.


Dewasa ini telah banyak software ataupun hardware yang mempermudah orang awam untuk mengedit video sendiri. Salah satu software video editing untuk semi-profesional yang cukup banyak diminati adalah Ulead VideoStudio, Ulead Video Studio sekarang sudah memeliki banyak versi dari versi terjadulnya sampai sekarang sudah sampai versi 11. .Alasan mengapa memilih program ini di karenakan selain program ini cukup populer juga program ini kecil, sederhana, ringan, dan amat sangat mudah dipergunakan dan dipelajari.

Bagaimana mengolah file-file gambar dan potonngan video menjadi sebuah video yang menarik sesuai dengan keinginan??? Nanti saya akan coba uraikan satu persatu dari penambahan Effect, Title, Overlay dan Sound dalam video, Cara memotong video, Setelah selesai bisa dilanjutkan menjadikan kedalam banyak format seperti dalam bentuk mpg video dengan mengklik “Share” kemudian Create Video File - Pilih VCD PAL Masukkan nama file - Save. Setelah selesai Anda bisa memburning file mpg tadi mejadi VCD.

Dengan menggunakan program Ulead VideoStudio. Diharapkan bisa menjadi seorang video editor yang cukup handal. Baiklah kita akan masuk ketahap pertama yaitu pengenalan



Mengenal Element-Element Pada Display Ulead
1.Sebelum memulai menjalankan programan, anda harus meng-install program ulead terlebih dahulu wajib dilakukan!!! Software dapat di beli di toko atau di tempat penyewaan kaset program atau anda bisa download disini  

2.Sebelum masuk ke pembahasan anda harus memenuhi syarat pada no.1.

3.Berikutnya apa yang harus dilakukan? ya menjalakan programlah, masa menjalankan mobil(hehehehe, mode on).
 Pada saat anda membukanya, akan terlihat tampilan seperti dibawah ini:
Sedikit penjelasan pada gambar kanan
a.VideoStudio Editor adalah fitur pengeditan yang diberikan penuh untuk Anda. Seperti
memberikan anda total kontrol atas proses produksi film, dari
menambahkan clip, tittle, efek, layer, dan untuk membuat film akhir
di disc atau media lainnya.

b.Movie Wizard bagi pengguna yang baru untuk video editing. Ini adalah salah satu tool cepat untuk membuat sebuah video, hanya saja video yang buat tidak sesuai dengan keinginan anda.
c.DV-to-DVD Wizard di tool ini memungkinkan anda untuk mengcreate video kedalam bentuk format CD atau DVD. Selain itu disini anda juga bisa membuat cover dan tema untuk halaman yang akan muncul di CD atau DVD. Seusai pengeditan cover atau tema silahkan anda lanjutkan ke pembakaran DISC.

4. Baiklah sekarang kita masuk ketahap yang paling di tunggu, yaitu pengenalan elelemen-elemen pada ULEAD VIDEO STUDIO 11 PLUS.
a. Jendela preview adalah tempat menampilkan clip view, filter, efek, title. Selain itu jendela preview bertugas menampilkan hasil sementara pengeditan video yang tengah anda lakukan.
b. Panel opsi adalah panel yang bertugas menampilkan setting dari sebuah fungsi yang tengah anda jalankan saat ini. Kegunaan dari panel ini adalah sebagai tempat mengatur setting
c. Library adalah tempat menyimpan clip-clip, efek, file suara yang sering digunakan dalam video, clip awal sebagai contoh telah disertakan dalam program, namun pengguna software juga dapat melakukan penambahan jika diperlukan.
d. Time line adalah tempat melakukan penyusunan dan pengeditan video. Pengguna program ulead akan bekerja didalam time line untuk menghasilkan sebuah video yang diinginkan
e. Panel navigasi adalah panel yang berisikan tombol-tombol untuk memainkan sebuah clip atau memotongnya.

Disamping element display di atas, ulead juga mempunyai element editing. Berikut beberapa element editing yang utama terdapat dalam sofware ulead dan fungsinya:
1. Video untuk mengambil dan menempatkan clip
2. Image untuk mengambil dan menempatkan gambar
3. Audio suara diperlukan sebagai ukuran penentu tingkat kesuksesan komposisis video yang dibuat. Suara adalah element penting yang membuat dramatisme video. Dalam ulead mengenal dua jenis audio yaitu audio suara dan audio musik
4. Transision transisi adalah vasilitas dalam ulead yang menawarkan cara yang lebih kreatif dan lebih menarik untuk membuat efek perpindahan antara satu clip ke klip lain
5. Video filter video filter adalah efek yang dapat diaplikasikan pada klip sehingga penampilan dari clip tersebut berubah. Tersedia banyak efek video clip siap pakai dalam fideo filter, seperti bluer, mazaik, old film, dan lain-lain. 6. Title adalah tulisan dalam video sebagai keterangan tambahan dari komposisi video yang dibuat.


Sampai disini dulu, kita akan sambung pada pembelajaran Belajar Mengedit Video di Ulead Studio Video.

Semoga hari anda menyenangkan!!! ^_^

1 Read More
1 komentar:

Posting Komentar

Selamat Datang

Welcome in the blog fs-corps. Selengkapnya tentang blog saya

About Me

Faisal Syafyar adalah seorang mahasiswa yang masih belajar dan terus belajar tentang dunia IT, dimana perkembangan teknologi setiap detik berkembang